Sunday 11 October 2015

Tugas Pengelolaan Madrasah

  1. Tugas dan Fungsi Kepala Madrasah (EMASLIM).
1.      Kepala Madrasah sebagai Pendidik (Educator)
a. Membimbing guru dalam hal menyusun dan melaksanakan program pengajaran, mengevaluasi hasil belajar dan melaksanakan program pengajaran dan remedial.
b.  Membimbing  karyawan dalam hal menyusun program kerja  dan melaksanakan  tugas  sehari-hari.
c. Membimbing  siswa  dalam  kegiatan  ekstra  kurikuler,  OSIS/IPNU-IPPNU  dan  mengikuti  lomba  di  luar madrasah.
d.    Mengembangkan staf melalui  pendidikan/latihan, melalui  pertemuan,  seminar  dan  diskusi, menyediakan bahan bacaan, memperhatikan kenaikan pangkat,  mengusulkan  kenaikan jabatan melalui seleksi calon Kepala Sekolah.
e. Mengikuti perkembangan iptek melalui pendidikan/ latihan, pertemuan, seminar, diskusi dan  bahan-bahan.
2.     Kepala Madrasah sebagai Manajer (Manager)
a.  Mengelola  administrasi  kegiatan belajar dan bimbingan konseling dengan  memiliki data lengkap administrasi kegiatan belajar mengajar dan  kelengkapan  administrasi  bimbingan konseling.
b.  Mengelola administrasi kesiswaan dengan memiliki data administrasi kesiswaan dan kegiatan ekstra kurikuler secara lengkap.
c.  Mengelola administrasi ketenagaan dengan memiliki data administrasi tenaga guru, karyawan (TU/laboran/teknisi/perpustakaan).
d. Mengelola administrasi keuangan, baik administrasi keuangan rutin dan komite madrasah.
e.  Mengelola administrasi sarana/prasarana baik administrasi gedung/ruang,  mebelair,  alat laboratorium, perpustakaan.
3.     Kepala Madrasah sebagai Pengelola Administrasi (Administrator)
a.  Menyusun program kerja, baik jangka pendek, menengah maupun jangka panjang.
b.  Menyusun organisasi ketenagaan di sekolah,  baik Wakasek, Wali kelas,  Kepala Tata Usaha, Bendahara, Personalia Pendukung misalnya pembina perpustakaan, pramuka, OSIS/IPNU-IPPNU, olahraga. Personalia kegiatan temporer, seperti Panitia Ujian, panitia peringatan hari besar nasional atau keagamaan dan sebagainya.
c. Menggerakkan staf/ guru/ karyawan dengan cara memberikan arahan dan mengkoordinasikan pelaksanaan tugas.
d. Mengoptimalkan sumber daya manusia secara optimal, memanfaatkan  sarana/prasarana secara optimal dan merawat sarana prasarana milik sekolah.
4.     Kepala Madrasah sebagai Penyelia (Supervisor)
a.   Menyusun program supervisi kelas, kegiatan ekstra kurikuler dan sebagainya.
b.  Melaksanakan program supervisi baik supervisi kelas, kegiatan ekstra kurikuler dan lain-lain.
c.  Memanfaatkan  hasil  supervisi  untuk  meningkatkan  kinerja  guru/karyawan  dan  untuk pengembangan madrasah.
5.     Kepala Madrasah sebagai Pemimpin (Leader)
a.   Memiliki  kepribadian  yang  kuat,  jujur,  percaya  diri,  bertanggung jawab, berani mengambil resiko dan berjiwa besar.
b.    Memahami kondisi anak buah, baik guru, karyawan dan anak didik.
c.    Memiliki visi dan memahami misi madrasah yang diemban.
d.   Mampu mengambil keputusan baik urusan intern maupun ekstern.
e.    Mampu berkomunikasi dengan baik secara lisan maupun tertulis.
6.     Kepala Madrasah sebagai Pembaharu (Inovator)
a.  Mampu mencari, menemukan dan mengadopsi gagasan baru dari pihak lain.
b.  Mampu melakukan pembaharuan di bagian kegiatan belajar mengajar dan bimbingan konseling,  pengadaan dan  pembinaan  tenaga  guru  dan  karyawan,  kegiatan ekstra kurikuler dan mampu melakukan pembaharuan dalam menggali sumber daya.
7.     Kepala Madrasah sebagai Pendorong (Motivator)
a.    Mampu mengatur lingkungan kerja.
b.    Mampu mengatur pelaksanaan suasana kerja yang memadai.
c.  Mampu menerapkan prinsip memberi penghargaan maupun sanksi hukuman yang  sesuai dengan aturan yang ada.

B.     Tugas Urusan Kurikulum
 Membantu dan bertanggung jawab kepada Kepala Madrasah dalam kegiatan :
1.      Menyusun program pengajaran.
2.      Menyusun dan menjabarkan kalender pendidikan.
3.      Menyusun pembagian tugas guru dan jadwal pelajaran.
4.      Menyusun jadwal ulangan dan pelaksanaan ujian sekolah.
5.      Menerapkan kriteria persyaratan kenaikan kelas dan kelulusan.
6.      Mengatur jadwal penerimaan rapor dan ijasah.
7.      Mengkoordinasikan, menyusun dan mengarahkan penyusunan kelengkapan mengajar
8.      Mengatur pelaksaan program perbaikan dan pengayaan.
9.      Mengatur pengembangan MGMP dan koordinator mata pelajaran.
10.  Melakukan supervisi administrasi akademis.
11.  Melakukan pengarsipan program kurikulum.
12.  Penyusunan laporan secara berkala.

C.    Tugas Urusan Kesiswaan
Membantu dan bertanggung jawab kepada Kepala Madrasah dalam kegiatan :
1. Menyusun program pembinaan kesiswaan (OSIS)/IPNU-IPPNU), meliputi:  Kepramukaan,  UKS,  Paskibraka, pesantren kilat.
2.  Melaksanakan bimbingan, pengarahan dan pengendalian kegiatan  kesiswaan/ OSIS/ IPNU-IPPNU dalam rangka menegakkan disiplin dan tata tertib sekolah serta pemilihan pengurus OSIS/IPNU-IPPNU
3.     Membina pengurus OSIS/IPNU-IPPNU dalam berorganisasi.
4.     Menyusun jadwal dan pembinaan serta secara berkala dan incidental.
5.     Membina dan melaksanakan koordinasi 7 K.
6.     Melaksanakan pemilihan calon siswa berprestasi dan penerima bea siswa.
7.     Mengadakan pemilihan siswa untuk mewakili sekolah dalam kegiatan di luar sekolah.
8.     Mengatur mutasi siswa.
9.   Menyusun dan membuat kepanitiaan Penerimaan Peserta Didik Baru dan pelaksanaan MOPDIK.
10.   Menyusun dan membuat jadwal kegiatan akhir tahun sekolah.
11.   Membuat laporan kegiatan kesiswaan secara berkala.

D.    Tugas Urusan Sarana dan Prasarana
Membantu dan bertanggung jawab kepada Kepala Madrasah dalam kegiatan :
1.        Menyusun program pengadaan sarana dan prasarana.
2.        Mengkoordinasikan penggunaan sarana prasarana.
3.        Pengelolaan pembiayaan alat-alat pengajaran.
4.        Mengelola perawatan dan perbaikan sarana prasarana.
5.        Bertanggung jawab terhadap kelengkapan data madrasah secara keseluruhan.
6.        Melaksanakan pembukuan sarana dan prasarana secara rutin.
7.        Menyusun laporan secara berkala.
E.       Tugas Urusan Humas
Membantu dan bertanggung jawab kepada Kepala Madrasah dalam kegiatan :
1.      Mengatur dan menyelenggarakan hubungan madrasah dengan komite madrasah.
2.      Membina hubungan antara sekolah dengan wali murid.
3.     Membina  pengembangan antar  sekolah  dengan  lembaga  pemerintah,  dunia  usaha,  dan lembaga sosial lainnya.
4.      Membuat dan menyusun program semua kebutuhan madrasah.
5.      Koordinasi dengan semua staf untuk kelancaran kegiatan madrasah.
6.      Menciptakan hubungan yang kondusif diantara warga madrasah.
7.     Mengkoordinir guru dan karyawan madrasah dalam melaksanakan kegiatan yang bersifat sosial dan kekeluargaan.
8.     Melakukan koordinasi dengan semua staf dan bertanggung jawab untuk mewujudkan 7 K.
9.     Menyusun program kegiatan bakti sosial, karya wisata, dan pameran hasil pendidikan. 
10.  Mewakili Kepala madrasah apabila berhalangan untuk menghadiri rapat masalah-masalah yang bersifat umum.
11.    Menyusun laporan secara berkala.

F.  Tugas Koordinator Tata Usaha:
Bertanggung jawab kepada Kepala madrasah dalam kegiatan:
1.        Penyusunan program kerja tata usaha madrasah.
2.        Pengelolaan dan pengarsipan surat-surat masuk dan keluar.
3.        Pengurusan administrasi madrasah.
4.        Pembinaan dan pengembangan karir pegawai tata usaha madrasah.
5.        Penyusunan administrasi sekolah meliputi kesiswaan dan ketenagaan.
6.        Penyusunan dan penyajian data/statistik madrasah secara keseluruhan.
7.        Penyusunan laporan pelaksanaan secara berkala.
                                                    
G.    Bendahara 
Bertanggung jawab kepada Kepala Madrasah dalam kegiatan:
1.        Menerima RAPBM setiap awal tahun pelajaran baru. 
2.        Membuat perencanaan anggaran bulanan dan tahunan. 
3.        Mengelola sumber dana dan pengeluarannya. 
4.        Membuat laporan keuangan bulanan dan tahunan.
5.        Membuat usulan gaji karyawan. 
6.        Membayarkan gaji guru dan karyawan.

  1. Tugas dan Fungsi Wali kelas
Membantu dan bertanggung jawab kepada Kepala Madrasah dalam kegiatan :
1.    Pengelolaan Kelas:
a.         Tugas Pokok meliputi:
ü   Mewakili orang tua dan kepala madrasah dalam lingkungan pendidikan.
ü   Meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
ü   Membantu pengembangan keterampilan anak didik.
ü   Membantu pengembangan kecerdasan anak didik.
ü   Mempertinggi budi pekerti dan kepribadian anak didik.
b.        Keadaan Anak Didik
ü   Mengetahui jumlah anak didik.
ü   Mengetahui jumlah anak didik putra (Pa).
ü   Mengetahui jumlah anak didik putri (Pi).
ü   Mengetahui nama-nama anak didik.
ü   Mengetahui identitas lain dari anak didik.
ü   Mengetahui kehadiran anak didik setiap hari.
ü   Mengetahui masalah-masalah yang dihadapi anak  didik  (tentang  pelajaran, status sosial/ekonomi, dan lain-lain).  
c.         Melakukan Penilaian
ü   Tingkah laku anak didik sehari-hari di madrasah.
ü   Kerajinan, ketekunan, dan kesantunan.
ü   Kepribadian/tatib.
ü   Dan lain-lain.
d.        Mengambil Tindakan Bila Dianggap Perlu
ü   Pemberitahuan, pembinaan, dan pengarahan.
ü   Peringatan secara lesan.
ü   Peringatan khusus yang terkait dengan BP/Kepala Madrasah.
e.         Langkah Tindak Lanjut
ü   Memperhatikan buku nilai rapor anak didik.
ü   Memperhatikan keberhasilan/kenaikan anak didik.
ü   Memperhatikan kesehatan dan kesejahteraan anak didik.
ü   Memperhatikan dan membina suasana kekeluargaan.
2.    Penyelenggaraan Administrasi Kelas meliputi:
a.         Denah tempat duduk anak didik.
b.        Papan absensi anak didik.
c.         Daftar Pelajaran.
d.        Daftar Piket.
e.         Buku Absensi.
f.         Buku Jurnal kelas.
g.        Tata tertib kelas .
h.        Penyusunan dan pembuatan statistik bulanan anak didik.
i.          Pengisian Daftar Kelas.
j.          Pembuatan catatan khusus tentang anak didik.
k.        Pencatatan mutasi anak didik
l.          Pengisian buku laporan penilaian hasil belajar.
m.      Pembagian buku laporan penilaian hasil belajar.

  1. Tugas Pokok dan Fungsi Guru
Bertanggung jawab kepada Kepala Madrasah dalam melaksanakan KBM, meliputi:
1.     Penyusunan program pengajaran : 
a.    Analisis SK-KD.
b.    Analisis SKL 
c.    Program Tahunan (Prota) 
d.   Program Semester (Prosem) 
e.    Pengembangan silabus 
f.     Pengembangan RPP
g.    Pengembangan bahan ajar
h.    Penyusunan instrumen penilaian
i.      Penyusunan analisis hasil ulangan
j.      Pembelajaran remidial dan pengayaan.
2.       Membuat kelengkapan mengajar dengan baik dan lengkap.
3.        Melaksanakan kegiatan pembelajaran.
4.      Melaksanakan  kegiatan  penilaian  proses  belajar,  ulangan  harian,  ulangan  tengah  semester, ulangan akhir semester dan ulangan kenaikan kelas.
5.         Melaksanakan analisis hasil ulangan harian.
6.          Menyusun dan melaksanakan program perbaikan dan pengayaan.
7.          Mengisi daftar nilai anak didik.
8.          Melaksanakan kegiatan bimbingan kepada peserta didik.
9.           Membuat alat pelajaran/alat peraga.
10.         Menumbuhkembangkan sikap menghargai karya seni.
11.         Mengikuti kegiatan pengembangan dan pemasyarakatan kurikulum.
12.         Melaksanakan tugas tertentu di sekolah.
13.         Mengadakan pengembangan program pembelajaran.
14.         Membuat catatan tentang kemajuan hasil belajar anak didik.
15.         Mengisi dan meneliti daftar hadir sebelum memulai pelajaran.
16.         Mengatur kebersihan ruang kelas dan sekitarnya.
17.         Mengumpulkan dan menghitung angka kredit untuk kenaikan pangkat.

J.  Tugas Guru Piket KBM:
Membantu Kepala Madrasah dalam kegiatan :
1.  Meningkatkan pelaksanaan 7K (keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, kekeluargaan, kerindangan dan kesehatan).
2.        Mengadakan pendataan dan mengisi buku piket.
3.        Menertibkan kelas-kelas yang kosong.
4.        Mencatat: guru dan siswa yang terlambat, guru dan siswa yang pulang belum waktunya, kejadian-kejadian penting dan berusaha untuk menyelesaikan.
5.        Petugas piket harus hadir paling sedikit 15 menit sebelum bel masuk.
6.        Melaporkan kasus-kasus yang bersifat khusus kepada wali kelas atau guru pembimbing
7.        Mengawasi berlakunya tata tertib madrasah.
ja-gho-spd.blogspot.com